Polines Digandeng XL Axiata dalam Pengembangan Teknologi Internet of Things (IoT)

Sebagai perguruan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Semarang (Polines) terus berupaya meningkatkan peran dalam penerapan teknologi. Salah satu teknologi yang sedang dan akan berkembang di masyarakat adalah Internet of Things (IoT). Prinsip umum teknologi IoT adalah mengkoneksikan aneka perangkat, baik perangkat untuk kegiatan individu maupun industri, ke jaringan internet. Dengan koneksi ini, pengguna dapat memonitor dan mengendalikan perangkat-perangkat tersebut secara jarak jauh melalui gadget.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui kolaborasi Polines dengan XL Axiata dalam program XL Axiata IoT Innovation Lab. Laboratorium ini dibangun dengan nama X-Camp, Rumah IoT Indonesia. X-Camp merupakan hasil kolaborasi antara XL Axiata dengan 4 perguruan tinggi, yaitu Polines, UGM, Unibraw, dan PENS Surabaya.

Lab IoT yang diberi nama X-Camp ini diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama dengan Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini di Graha XL Axiata Jakarta (13/11/2018).

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan Internet of Things (IoT) telah menjadi bagian hidup di era digital. Dan IoT merupakan salah satu solusi digital dengan potensi besar di masa depan. Tidak hanya memudahkan aktivitas individu dan insutri, secara bisnis, IoT memiliki potensi yang besar dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas di Indonesia. Melihat potensi ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membangun suatu laboratorium (lab) yang akan menjadi tempat bertemunya semua pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia mulai dari idea generation hingga implementasi bisnis.

Saat ini X-Camp telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, termasuk diantaranya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya”,”jelasnya. Dan menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan.

Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT mengaku bangga atas kepercayaan XL Axiata menggandeng Polines dalam program ini. “Melalui program ini Polines kiranya turut dalam penerapan dan pengembangan teknologi bagi kebutuhan masyarakat,”ujarnya. Khusus X-Camp di Polines, pihaknya telah menyediakan satu ruang laboratorium khusus ioT dengan ukuran sekitar 80m2 di gedung magister terapan lantai 3. Laboratorium ini diharapkan dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan dosen untuk melakukan riset dan pengembangan produk berbasis IoT dengan dukungan sarana prasarana penuh dari XL-Axiata. Bahkan lab ini diharapkan akan menjadi pusat inovasi IoT bagi para developer IoT di Semarang dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat Datang!

Hai saudaraku semua, selamat datang di website resmi “Alumni Politeknik Negeri Semarang”.

Disini kamu bisa berdiskusi dalam forum dan membuat kabar-kabar baru jika ada kabar baik berupa Lowongan Kerja, Kabar Kampus, Kabar Jurusan, Kabar Alumni, dll. Rekan-rekan jua bisa melihat beberapa produk yang dijual oleh beberapa alumni Polines di ShopUntuk memesan tinggal hub pemilik produknya langsung ya!.

“Jayalah Politeknik Negeri Semarang”

FORGOT PASSWORD ?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.